10 Cara Mengatur Waktu Membuat Anda Lebih Bermutu

10 Cara Mengatur Waktu Membuat Anda Lebih Bermutu
Dalam aktifitas apapun mengatur waktu adalah hal yang harus dioptimalkan dan diperhatikan agar semua perkerjaan bisa berjalan lancar dan tidak ada pekerjaan yang menumpuk apalagi bisa terlewat yang akhirnya mengacaukan semua jalannya pekerjaan yang sudah kita inginkan hasilnya.

Berikut 10 tips mengatur jam kerja anda agar bisa lebih efektif, efisien dan produktif dan tentunya ini akan membuat anda lebih bermutu:

1. Buatlah perencanaan
Anda memerlukan perencanaan kerja harian. Kalau tidak demikian, anda akan mengalokasikan waktu menurut apa saja yang kebetulan ada dimeja tulis anda. Awasilah setiap hari dengan membuat jadwall umum, dengan penekanan khusus pada dua atau tiga hal yang ingin anda selesaikan. Makin banyak waktu yang kita lewatkan untuk merencanakan sebuah project/pekerjaan, makin sedikit waktu yang diperlukan untuk menyelesaikannya.

2. Pusatkan perhatian
Golongan yang menghadapi masalah besar dalam hal pengurusan waktu biasanya mencoba melakukan banyak hal sekaligus. Jumlah waktu yang digunakan dalam suatu pekerjaan bukanlah hal yang penting. Tetapi yang lebih penting ialah menyediakan waktu yang tidak terganggu.

3. Ambillah waktu untuk istirahat
Bekerja dalam waktu yang lama apalagi di depan sinar komputer tanpa istirahat bukanlah penggunaan waktu yang efektif. Tenaga makin menurun, mata yang lelah, kebosanan makin mempengaruhi serta ketegangan fisik dan mental makin mengganggu. Oleh karena itu, anda memerlukan waktu istirahat yang secukupnya, kerana hanya dengan beristirahat sebentar saja bukan merupakan cara yang paling baik.

4. Jauhkan suasana berkecamuk
Kebanyakan orang selalu membiarkan meja tulisnya dipenuhi kertas yang bertumpuk. Mereka mengira bahawa dengan cara itu persoalan yang penting akan naik sendiri ke atas timbunan kertas itu. Sebenarnya keadaan berantakan/berkecamuk seperti ini mengganggu pandangan serta meningkatkan ketegangan dan membingungkan apa yang seharusnya anda kerjakan.

5. Jangan menjadi ‘perfectionist’
Ada perbedaan yang besar antara berusaha mendapat hasil yang baik dan bermati-matian mengejar kesempurnaan. Hal yang pertama , dapat dicapai, memberi kepuasan dan keberhasilan. Sementara langkah yang kedua, selalu mustahil, mengakibatkan kekecewaan dan gangguan jiwa :-) Ia juga mengakibatkan mubazir waktu yang sia-sia.

6. Jangan takut mengatakan "TIDAK"
Dari banyak teknik menghemat waktu yang pernah ada,  yang paling efektif ialah selalu menggunakan perkataan tidak. Belajarlah menolak dengan mengunakan kebijaksanaan tetapi tegas terhadap setiap permintaan atau hal-hal yang tidak menunjang pencapaian tujuan anda.

7. Jangan menunda-nunda kerja
Penundaan kerja pada umumnya merupakan kebiasaan yang sudah berakar. Walaupun begitu, kita mampu mengubah kebiasaan ini asalkan kita menggunakan sistem yang tepat seperti memutuskan untuk berubah segera setelah anda selesai membaca artikel ini.

Sementara hati anda tergerak oleh motivasinya. Mengambil langkah pertama dengan segera adalah sangat penting. Seterusnya jangan mencoba terlalu banyak pekerjaan dalam waktu yang singkat. Apa yang perlu dilakukan ialah memaksa diri melakukan pekerjaan yang sudah tertunda sekarang juga.

8. Lakukanlah siasat radikal
Kegiatan membuang waktu sama seperti kanker. Ia menghabiskan tenaga dan cenderung tumbuh semakin besar. Satu-satunya cara penyembuhan adalah pembedahan radikal. Jika anda membuang waktu dalam kegiatan yang membuatkan anda bosan, alihkan perhatian daripadanya kerana ia mensia-siakan tenaga anda. Buanglah kegiatan ini, sekali untukselama-lamanya.

9. Delegasikan pekerjaan
Anda tidak perlu menjadi pemimpin nasional untuk mampu mendelegasikan pekerjaan. Sebagai peringatan, menyuruh bawahan pekerjaan yang tidak disukai oleh anda dan orang lain bukanlah mendelegasikannya, tetapi meberi perintah. Belajarlah mendelegasikan tugas yang penuh kesabaran dan memberikan imbalan. Ini dapat membantu melonggarkan waktu anda dan memberikan kesenangan untuk orang lain :-)

10. Jangan kecanduan kerja
Hampir semua orang sukses mempunyai jam kerja yang panjang, tetapi mereka tidak membiarkan pekerjaan mengganggu hal-hal yang pentig dalam hidup mereka, seperti bergaul dengan teman-teman dan canda ria. Ini membedakan mereka daripada orang yang kecanduan kerja yang sama tarafnya seperti orang yang kecanduan alkohol. Gejala kecanduan kerja mencakupi penolakan untuk mengambil cuti & berkerja di waktu yang seharusnya untuk berlibur.

Sekian tips mengatur jam kerja anda, agar anda bisa bekerja dengan lebih efisien waktu, biaya dan produktif :-)
Previous
Next Post »

6 comments

Write comments
Rajawali frp
AUTHOR
29 Agustus 2014 05.42 delete

Kebiasaan buruk saya adalah suka menunda nunda pekerjaan, saya akan belajar untuk tidak menunda nuda lagi, terima kasih yah pencerahannya.

Reply
avatar
zaro zaro
AUTHOR
2 Maret 2015 18.17 delete

Super...semoga bisa bermanfaat untuk sesama..

Reply
avatar
Ricky Faizal
AUTHOR
23 Agustus 2015 21.30 delete

bagus tipsnya gan .. #arigato

Reply
avatar
WQA APAC
AUTHOR
9 November 2015 02.17 delete

Mimit
thank a lot info nya. berguna sekali.

Training Auditor

Reply
avatar
Rahmat
AUTHOR
20 November 2015 22.58 delete

makasih atas artikelnya, semoga tambah sukses

Reply
avatar
Sell Tiket
AUTHOR
30 Agustus 2016 20.29 delete

CariTiketPesawat Online Super Cepatdanmurah??
http://selltiket.com
Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

Inginusahamenjadiagentiketpesawat??
Yang memilikipotensipenghasilantanpabatas.
Bergabungsegera di http://agenselltiket.com

INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI HUBUNGI:
No handphone : 081275049340
PIN : D11EAC9F

Reply
avatar